Pemulangan Jemaah Haji Debarkasi Surabaya Selesai, Total 171 Orang Wafat

Tak Berkategori

Sabtu, 5 Agustus 2023 – 10:39 WIB

Surabaya – Proses pemulangan jemaah haji Debarkasi Surabaya telah berakhir, seiring datangnya jemaah kelompok terbang (kloter) terakhir, Kloter 88, di Asrama Haji Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat, 4 Agustus 2023. Selama proses pemberangkatan hingga pemulangan, total 171 orang wafat, baik di Tanah Air maupun di Tanah Suci.

Baca Juga :

Jemaah Haji Indonesia Kloter Terakhir SUB 88 Pulang ke Tanah Air dari Bandara AMAA Madinah

Embarkasi atau Debarkasi Surabaya memproses pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji dari tiga provinsi, yaitu Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Berdasarkan data dari PPIH Debarkasi Surabaya, total jemaah haji yang dipulangkan dari Tanah Suci sebanyak 38.163 orang, yakni 37.728 orang dari jemaah haji dan 43 petugas.

Baca Juga :

Kisah Petugas Haji Khairun Naim, Melayani Tamu-tamu Allah Memberikan Banyak Kesan Indah

Ilustrasi Jemaah Haji RI

Jumlah tersebut berkurang dari 197 orang dari saat proses pemberangkatan. Sebab, terdapat 165 orang yang wafat di Tanah Suci, sebanyak 24 orang masih dirawat di Arab Saudi, dan 8 orang pulang ke Tanah Air secara mandiri. 
Biaya mereka yang masih dirawat di rumah sakit ditanggung oleh pemerintah dan dimonitoring petugas dari Kantor Urusan Haji dan konsulat jenderal di sana.

Baca Juga :

Saudi Beri Penghargaan Buat 3 Negara Pengirim Jemaah Terbesar, Indonesia Salah Satunya

Bila ditotal seluruh anggota jemaah haji yang wafat, baik saat proses pemberangkatan hingga pemulangan di Embarkasi/Debarkasi Surabaya, sebanyak 171 orang wafat. Rinciannya, 166 orang asal Jatim, 4 orang asal NTT, 1 orang asal Bali. Adapun lokasi jemaah wafat kebanyakan meninggal dunia di Tanah Suci, yaitu 165 orang. Sementara 3 orang wafat di Tanah Air, dan 3 orang wafat di atas pesawat.

Rata-rata usia jemaah wafat tertinggi yaitu rentang usia 61-75 tahun sebanyak 82 orang, usia lebih dari 75 tahun sebanyak 60 orang, usia 51-60 tahun sebanyak 24 orang dan usia 41-50 tahun sebanyak 5 orang. 

Halaman Selanjutnya

Sementara waktu jemaah wafat terbanyak adalah setelah Armuzna sebanyak 111 orang, pra Armuzna 38 orang, dan masa Armuzna 13 orang.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *