Mahfud MD Akan Temui Para WNI Eksil ’65 di Eropa untuk Penuhi Hak Konstitusional Mereka

Tak Berkategori

Senin, 21 Agustus 2023 – 16:43 WIB

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengungkapkan bahwa dirinya akan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke beberapa negara Eropa dan Korea Selatan mulai Selasa, 22 Agustus 2023.

“Saya besok akan ke Turki untuk kerja sama keamanan. Sesudah itu ke Amsterdam, Praha dan Ceko,” ujar Mahfud di Jakarta, Senin, 21 Agustus.

Baca Juga :

Mahfud MD: "Restorative Justice" Berasal dari Kearifan Budaya Hukum Indonesia

Kunjungan tersebut dilakukan untuk membahas keamanan hingga menemui para warga negara Indonesia korban peristiwa tahun 1965 yang berada di luar negeri, terutama di sejumlah negara di Eropa, yang disebut sebagai eksil ’65. Ia juga akan menginformasikan terkait pelaksanaan hak asasi manusia (HAM).

Monumen Pancasila Sakti

Baca Juga :

Mahfud MD Sebut Pengusutan Kasus Transaksi Janggal Rp349 Triliun Tidak Berhenti

Mahfud menegaskan kedatangannya itu bukan untuk menjemput para eksil pulang ke Tanah Air. Sebab, keputusan pulang ke Indonesia merupakan hak para eksil.

Baca Juga :

Kecam Deklarasi Relawan Prabu, Eks Sekjen PRD: Budiman Cuci Dosa Sejarah Prabowo

“Itu bukan untuk menjemput. Untuk menemui dan memberitahu tentang hak-hak korban pelanggaran HAM berat karena itu hak konstitusional,” katanya.

Menurut Mahfud, penyelesaian nonyudisial bagi para eksil korban pelanggaran HAM berat patut disyukuri. Mereka mendapat pengakuan dari negara usai tragedi Gerakan 30 September atau G30S 1965.

Pemerintah juga telah berjanji untuk memperbaiki dan memenuhi hak para korban.

Halaman Selanjutnya

Source : Antara/Akbar Nugroho Gumay

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *