Bahaya Internet untuk Anak-anak

Tak Berkategori

Senin, 21 Agustus 2023 – 15:31 WIB

VIVA Tekno – Perusahaan keamanan siber Kaspersky mengingatkan para orang tua di Indonesia untuk mewaspadai bahaya online di usia sekolah, di mana anak-anak yang menggunakan internet bisa sangat rentan.

Baca Juga :

Hati-hati! Ini Sederet Risiko PMO Pada Perkembangan Anak dan Cara Mengatasinya

Menurut Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemenppa), anak Indonesia berusia 12-17 tahun merupakan sasaran pelecehan dan eksploitasi seksual online.

Lebih lanjut, hasil penelitian Center for Digital Society (CfDS) per Agustus 2021 berjudul Teenager-Related Cyberbullying Case in Indonesia yang dilakukan terhadap anak (pelajar) usia 13-18 tahun, menyatakan bahwa 1.895 siswa (45,35 persen) mengaku menjadi korban cyberbullying, sedangkan 1.182 siswa (38,41 persen) merupakan pelaku. 

Baca Juga :

Mengenal 10 Ciri Autis pada Anak, Benarkah Salah Satunya Speech Delay?

Platform yang sering digunakan untuk kasus cyberbullying antara lain WhatsApp, Instagram, dan Facebook.

Laporan Kaspersky juga mengungkapkan bahwa Gen Z atau mereka yang berusia antara 11 hingga 26 tahun adalah kelompok yang terlalu banyak berbagi (oversharing), memiliki pengetahuan tentang keamanan online tetapi paling rentan terhadap penipuan. 

Baca Juga :

DJ Verny Hasan Singgung Lagi Soal Tes DNA Anaknya dengan Denny Sumargo

Sekitar 55 persen dari yang disurvei mengaku telah memasukkan informasi pribadi mereka di saluran media sosial seperti nama, tanggal lahir, dan lokasi. Mayoritas (72 persen) dari mereka tidak dapat mengidentifikasi penipuan phishing dan 26 persen mengaku telah menjadi korban penipuan phishing.

Anak berkomunikasi dengan ponsel

Anak berkomunikasi dengan ponsel

Halaman Selanjutnya

“Dulu saat jam sekolah, orang tua paling khawatir dengan raport atau nilai dan hasil akhir sang buah hati. Kini situasinya berbeda,” kata General Manager untuk Asia Tenggara di Kaspersky, Yeo Siang Tiong dalam keterangan resminya, Senin, 21 Agustus 2023.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *