Peran Musikalisasi Puisi Dalam Meningkatkan Kosakata Siswa Tunarungu SLB-B Frobel Montessori

JurnalPost.com – Salah satu karakteristik anak tunarungu adalah minimnya kosakata yang menyebabkan terhambatnya peningkatan bahasa anak. Hal tersebut dapat berdampak pada kehidupan yang mana kemampuan berbahasa adalah salah satu alat komunikasi yang sangat penting. Berkenaan dengan jenis kebutuhan khusus, terutamanya dalam bidang pendidikan yang berbeda, maka strategi pembelajaran dan fasilitas yang dibutuhkan tentunya harus dikhususkan. Sekolah Luar Biasa (SLB) adalah sebuah lembaga pendidikan yang diperuntukkan bagi anak berkebutuhan khusus yang bertujuan agar anak mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan kekhususannya. Di Jakarta Timur, tepatnya di daerah Balekambang, kecamatan Kramat Jati, terdapat sekolah yang diperuntukkan untuk anak tunarungu yaitu SLB-B Frobel Montessori.

Melalui observasi yang dilakukan oleh tim PKM-PM Universitas Indraprasta PGRI, terdapat permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh mitra, seperti minimnya kosakata yang dimiliki siswa tunarungu SLB-B Frobel Montessori dan ketidakmampuan siswa dalam mengucapkan suatu kata. Untuk menghadapi masalah tersebut, tim PKM-PM Universitas Indraprasta PGRI memberikan solusi yang berupa implementasi kegiatan musikalisasi puisi untuk meningkatkan kosakata siswa tunarungu siswa SLB-B Frobel Montessori dengan bantuan media ajar flashcard. Tim PKM-PM bersama mitra bekerja sama untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman dan menyenangkan bagi para siswa tunarungu.

Siswa tunarungu dapat belajar dengan cara yang interaktif dan variatif melalui musikalisasi puisi dimana penggunaan musik dapat membantu siswa tunarungu dalam meningkatkan kepekaannya terhadap suara dan puisi berisi kata-kata yang dapat menambah kosakata siswa. Media ajar berupa flashcard diperkenalkan kepada siswa dengan tujuan agar siswa dapat lebih mudah mengingat kata dan agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan interaktif dan menyenangkan. Penampilan musikalisasi puisi oleh siswa juga dipertunjukkan pada akhir pertemuan pembelajaran sebagai buah hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.

Baca Juga  Gunakan Teknologi Pembelajaran Jarak Jauh via Zoom Learning, Tatakelola Consulting Gelar Seminar Daring “Corporate Mindset for School Management”

Terkait dengan keektifan program ini, Fatmi selaku kepala sekolah dari SLB-B Frobel Montessori menyebutkan bahwa program ini dapat membantu siswa dalam memperkaya kosakata dan membantu siswa dalam melafalkan kata.

“Program ini sangat membantu anak anak dalam memperbanyak pembelajaran kata, terutama dengan musikalisasi puisi itu akan lebih banyak kata-kata yang keluar dari anak-anak dan sangat membantu sekali,” ujar Fatmi, (07/09).

Hasbi selaku kepala sekolah SLB-C Frobel Montessori juga menambahkan bahwa ada kemungkinan program musikalisasi puisi ini dapat diterapkan dalam pembelajaran sesuai dengan esensi dan kebutuhan siswa dan sekolah.

“Ini program yang sangat baik mungkin akan diterapkan untuk yang kelas-kelas tinggi, ya mungkin dimulai dari kelas 5 sampai ke kelas atas akan kami coba terapkan sesuai dengan esensi yang ada di kurikulum. Kita coba lakukan ya mungkin target dan tujuan pembelajarannya kita rendahkan lebih dulu, baru nanti kita naikkan ke tingkat yang lebih tinggi. Insyaallah akan kita terapkan,” ujar Hasbi, (07/09).

Ditulis dan disusun oleh: Tim PKM-PM Universitas Indraprasta PGRI

1. Alinda Dwi Agustin
2. Annisa Cessarani
3. Havita Perempuanku
4. Sinta Pebriyani

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *