Mahasiswa Untag Dilatih dalam Praktik Public Relations di DPRD Jatim: Mengasah Keterampilan dan Pahami Peran Penting dalam Menjaga Citra Institusi

JurnalPost.com – Sebagai bagian dari kurikulum dari program studi Ilmu Komunikasi, mahasiswa yang menjalani magang yang termasuk wajib harus di tuntaskan dalam Kurikulum Prodi Ilmu Komunikasi. Saya Rizky Fakhin Nur Hakim sebagai Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Program Studi Ilmu Komunikasi melakukan magang di DPRD Provinsi Jawa Timur. Tidak hanya mendapat pengalaman praktis tetapi juga memperdalam pemahaman mereka terhadap peran public relations. Di dalam instansi pemerintah yaitu DPRD Provinsi Jawa Timur periode magang reguler yang berlangsung selama 30 hari kerja, dari 5 Februari hingga 18 Maret 2024, telah membuka wawasan dan peluang baru bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi.

Selama kegiatan magang ini mahasiswa di bimbing oleh dosen dari kampus yakni Novan Adrianto, S.I.kom., M.I.Kom untuk membimbing mekanisme prosedur magang hingga bimbingan pengerjaan laporan akhir magang. Sedangkan pada tempat magang di DPRD Provinsi Jawa Timur di bimbing oleh Ali Latifi, S.Sos., M.Si selaku dd. Magang di DPRD Provinsi Jawa Timur menjadi langkah signifikan dalam mempersiapkan mahasiswa Ilmu Komunikasi untuk tantangan dunia kerja. Fokus utama adalah memberikan pengalaman nyata bagaimana peran penting public relations dalam menjaga citra institusi dan mahasiswa juga dapat menerapkan pengetahuan teoritis yang mereka peroleh selama perkuliahan.

Dalam upaya memperluas wawasan dan memperoleh pengalaman praktis di dunia Public Relations saya sangat bersyukur sekali dapat bergabung dalam program magang di DPRD Provinsi Jawa Timur. Program ini tidak hanya memberikan peluang bagi mahasiswa untuk merasakan atmosfer kerja di lembaga legislatif, tetapi juga memberikan kesempatan untuk memahami bagaimana Public Relations (PR) memainkan peran yang vital dalam menjaga citra institusi.

Dalam rangka meningkatkan keterampilan saya dalam bidang ilmu komunikasi , saya dari fakultas ilmu sosial dan ilmu politik prodi ilmu komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya telah dipilih untuk bergabung dalam program magang ini. Selama periode magang, saya mendapatkan kesempatan langka untuk secara langsung terlibat dalam berbagai kegiatan PR yang dilakukan oleh DPRD Jawa Timur. Serta saya juga berkesempatan mengikuti sidang paripurna yang di adakan oleh DPRD Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga  Rara Travel & Tour: Teman Setia Anda Menjelajah Keindahan Nusantara dan Dunia

Salah satu mahasiswa yang berpartisipasi dalam program ini saya Rizky Fakhin menyatakan bahwa pengalaman yang saya dapatkan sangatlah berharga. “Saya sangat bersyukur bisa terlibat langsung dalam berbagai kegiatan Public Relations di DPRD Jawa Timur. Saya belajar banyak tentang bagaimana menjaga citra institusi melalui komunikasi yang efektif dengan berbagai pihak, termasuk media dan masyarakat umum,” ujarnya.

Selama masa magang, mahasiswa-mahasiswa ini dibimbing oleh para profesional PR yang berpengalaman di DPRD Jawa Timur. Saya diberikan kesempatan untuk terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan strategi komunikasi contohnya seperti menulis berita straight news dan menyusun protokol rundown kegiatan acara rapat paripurna. Dan juga memahami cara mengelola situasi yang mempengaruhi citra institusi.

Menurut Ali Latifi, S.Sos, Kepala Bagian Kepala Bidang Humas Protokol dan Publikasi DPRD Jawa Timur, partisipasi mahasiswa dalam program magang ini merupakan langkah positif dalam mengembangkan sumber daya manusia di bidang Public Relations. “Kami percaya bahwa melalui pengalaman praktis ini, para mahasiswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya PR dalam menjaga citra institusi,” ungkapnya.

Program magang ini juga diharapkan dapat membuka pintu bagi kerja sama lebih lanjut antara DPRD Provinsi Jawa Timur dengan perguruan tinggi di daerah tersebut. Dengan demikian, tidak hanya mahasiswa yang mendapatkan manfaat dari program ini, tetapi juga institusi publik dan masyarakat secara keseluruhan dapat merasakan dampak positifnya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *