Mahasiswa S3 MPI Inisiasi Bentuk APP MPI Pusat

JurnalPost.com – Puluhan Mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Islam Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta (SPS UMJ) Sabtu (4/5/2024) membentuk Asosiasi Profesi dan Praktisi Manajemen Pendidikan Islam (APP MPI). Pembentukan organisasi tersebut berlangsung di SPS UMJ Jakarta dan dihadiri berbagai kalangan dan mahasiswa program doktor Manajemen Pendidikan Islam.

Muhammad Rizal yang didampingi dosen SPS UMJ, Dr Ahmad Suryadi MPd dalam Konferensi Pers mengatakan, ide pembentukan APP MPI berasal dari kegelisahan para mahasiswa/i dengan kebijakan, penerapan kebijakan dikotomi pendidikan Islam dan pendidikan umum serta beberapa masalah krusial dalam pengembangan Manajemen Pendidikan Islam di berbagai tingkatan satuan pendidikan.

Mahasiswa program Doktor MPI UMJ angkatan 2023 mengatakan, pertemuan inisiasi pembentukan APP MPI berasal dari berbagai profesi, seperti pengawas madrasah, kepalah sekolah, dosen/akademisi, guru, dan praktisi pendidikan yang sepakat mewujudkan sebuah wadah dalam rangka implementasi pemikiran kritis dari pegiat Manajemen Pendidikan Islam. Kemudian, ada beberapa lembaga professional mendukung pembentukan asosiasi tersebut antara lain Asosiasi pengawas Sekolah Yemen, Universitas Almuslim Bireuen Aceh, Ponpes Modern Internasional Dea Malela Nusa Tenggara Barat.

Kemudian Muhammadiyah Boarding School Bogor, Universitas Darunnajah Jakarta, Universitas Muhammadiyah Jakarta, SMA Cita Mulia Tangerang Selatan, KPP Pratama Cilandak Jakarta Selatan, Yayasan Rindang Indonesia Jakarta Utara. Selanjutnya, Ponpes Al Fajar Bengkalis Riau, Praktisi Kementerian Kesehatan, Yayasan Maskanul Hufaz, STAI Fatahillah Serpong, IAIN Laa Roiba Bogor, High Scope Indonesia, Praktisi Widyaiswara, SMP Islam plus Baitul Maal Pondok aren Tangerang Selatan, Tenaga Ahli DPR RI, Ponpes Al Lathifah Bekasi, Universitas Pelita Bangsa Bekasi, SPS UMJ. Usai deklarasi di SPS UMJ Jakarta, dalam waktu yang tidak terlalu lama akan ditindak lanjuti dengan pengurusan ‘legal standing’ organisasi APP MPI

Baca Juga  Bupati Pangkep MYL Lepas Keberangkatan CJH


tersebut.

Dalam kepengurusan nantinya, ada sejumlah nama diusulkan dalam kepengurusan awal sebagai pembina antara lain Prof Dr Hj Masyitoh MAg, Prof Dr Herwina Bahar MA, Dr Saiful Bahri Lc MA dan Dr Ahmad Suryadi MPd. Usai deklarasi, Muhammad Rizal yang saat ini sebagai dosen Umuslim dan sedang menempuh studi S3 di SPS UMJ Jakarta ditetapkan sebagai ketua dan Matnur Ritonga MPd dari Universitas Darunnajah Jakarta sebagai sekretaris. “Saya dipercayakan sebagai ketua dan Matnur Ritonga sebagai sekretaris,” ujar Muhammad Rizal.

Sedangkan anggota katanya, seluruh mahasiswa MPI UMJ, dan praktisi yang peduli terhadap manajemen pendidikan Islam. Dengan pembentukan APP MPI harapanya setelah mendapatkan pengakuan dari Kemenkumham RI, akan banyak praktisi dan profesional yang bergabung dengan asosiasi ini dari seluruh Indonesia untuk dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan manajemen pendidikan Islam melalui pemangku kebijakan di Indonesia.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *