Kecamatan Lampihong Percepat Penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa

Pertemuan dengan pembahasan menjalankan inovasi ACCER di Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan

Oleh : Bella Sapira Rosadi
Npm : 2101010161
Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

PARINGIN, JurnalPost.com – Aparatur Kantor Kecamatan Lampihong, Kabupten Balangan, memiliki inovasi dalam mempercepat penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) yang memang dilaksanakan setiap tahun.

Caranya, melalui Program APB Desa Cepat, Cermat, Serentak (ACCER).

Pihak Kantor Kecamatan Lampihong membangun inovasi ini muncul pada saat seluruh desa mengalami keterlambatan penetapan APBDesa. Seharusnya APB Desa ditetapkan paling lambat tanggal 31 Desember tahun sebelumnya.

Periode keterlambatan penetapan APB Desa berkisar dari bulan Januari hingga bulan April tahun berkenaan. Kebanyakan desa di Kecamatan Lampihong menetapkan APB Desa pada bulan Maret 2022.

Seksi Binwas Pemdes, Ardiansyah, mengatakan, Kantor Kecamatan Lampihong pada 2022 melakukan inovasi dalam pelayanan permohonan evaluasi rancangan peraturan desa tentang APB Desa yang diberi nama ACCER.

Sedangkan inovasi ACCER merupakan strategi yang ditawarkan untuk menjawab permasalahan di atas.

Output dari inovasi ACCER adalah berupa lahirnya SOP dalam pelayanan permohonan evaluasi rancangan peraturan desa tentang APB Desa.

Serta, lahirnya Tim Evaluasi Rancangan Peraturan APB Desa yang melibatkan seluruh Kasi di Kecamatan Lampihong, Tenaga Ahli, serta Pendamping Desa Kecamatan Lampihong.
“Melihat, menganalisa dan menyikapi permulaan lahirnya Rancangan Peraturan Desa (Raperdes) APB Desa, agar tepat waktu dan sinkron dengan Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) Rencana Kerja Pemerintahan Desa pertahun perlu dilakukan inovasi dan Langkah-langkah agar APB Desa tepat waktu di Kecamatan Lampihong,” ujarnya.

Hal ini dimaksudkan agar inovasi berupa ACCER adalah untuk mendekatkan layanan prima kepada Desa dari pihak Kecamatan dengan tujuan tadi bahwa Peraturan Desa APB Desa tepat waktu per tanggal 31 Desember tiap akhir tahun.

Baca Juga  Fenomena Pion Politik dan Dinamika Manipulasi Citra

Tahap awal setelah berkas permohonan evaluasi APB desa diterima Kecamatan, Tim Evaluasi Rancangan Peraturan APB Desa melakukan verifikasi berkas kelengkapan berkas.
Selanjutnya, tim menjadwalkan untuk melakukan verifikasi substansi APB Desa untuk memberikan arahan dan masukan dalam penyusunan APB Desa.

Pembentukan Tim dalam Evaluasi merupakan strategi yang efektif dalam asistensi penyusunan APB Desa karena melibatkan banyak pihak yang berkompeten di bidangnya sehingga waktu evaluasi menjadi lebih efisien dan hasil evaluasi lebih berkualitas.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *