Anies Baswedan The Rising Star

Oleh Muhammad Thaufan Arifuddin (Dosen Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Andalas)

JurnalPost.com – Melalui buku Anies Baswedan The Rising Star yang ditulis oleh Samsul Muarif terlihat kualitas dan track record Anies Baswedan.  Anies Baswedan diliput oleh sejumlah media internasional seperti The Conversation.com, CNN, Washington Post, dan The Sydney Morning Herald sebagai sosok yang berwawasan internasional dan digadang-gadang akan menjadi presiden Indonesia selanjutnya karena kiprahnya di dalam negeri.

Kiprah teknokratis dan politik Anies Baswedan terlihat saat menjabat sebagai Gubernur DKI periode 2017-2022 yang berhasil menyulap Jakarta sebagai kota yang memiliki tata kota yang bagus serta program kebijakan yang menyentuh kepentingan publik di sektor ekonomi, pendidikan dan kesehatan.

Anies Baswedan memiliki latar belakang sebagai aktivis saat menjadi mahasiswa di UGM. Anies pernah menjadi Ketua Senat di Fakultas Ekonomi UGM pada tahun 1992 dan mampu mengorganisir demonstrasi mahasiswa dalam jumlah yang sangat besar di saat rezim Suharto masih sangat kuat. Di samping itu, Anies Baswedan juga pernah aktif menjadi host di TVRI Yogyakarta saat masih remaja untuk mewawancarai tokoh-tokoh lokal dan nasional di era Suharto. Jadi, bisa dibayangkan potensi Anies Baswedan sejak masih remaja dan mahasiswa.

Latar belakang aktivisme inilah yang membawa Anies Baswedan bisa melanjutkan studi ke luar negeri melalui beasiswa Fullbright untuk meraih gelar master dan doktoralnya di Amerika Serikat sebelum kembali ke Indonesia menjadi Rektor Paramadina pada tahun 2007-2014.

Saat menjadi Rektor Paramadina Anies menggagas berbagai macam program unggulan misalnya menginisiasi projek Indonesia Mengajar yang memberi kesempatan kepada siapa pun yang ingin mengajar di pelosok-pelosok Indonesia. Anies juga menjadikan mata kuliah anti-korupsi sebagai mata kuliah wajib di Universitas Paramadina.

Baca Juga  Generasi Muda Sebagai Fondasi Relawan di Masyarakat

Alhasil, Anies sejatinya titisan Cak Nur yang mencoba untuk menerjemahkan nilai-nilai Islam di Indonesia. Anies Baswedan ingin mendorong keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Anies memiliki kualitas dan pengalaman internasional untuk mewujudkan negara Republik yang benar-benar kaffah sebagaimana diinginkan founding fathers negeri ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *